Teknik Dan Trik Mengambil Video Shooting Pernikahan

foto dan video shooting untuk pernikahan

Pernikahan adalah ritual yang dianggap sakral dan terjadi sekali dalam hidup seseorang. Untuk itu banyak orang yang ingin mengabadikan momen terpenting dalam hidup di dalam sebuah foto atau video. Biasanya pengantin akan mengundang khusus jasa wedding documentation yang akan meliput semua kegiatan pesta pernikahan dari awal sampai berakhir. Hasil akhir yang diberikan dari jasa wedding documentation adalah foto album dan video. Jika pada waktu dahulu foto lebih banyak disukai, di zaman serba digital saat ini jasa video shooting pernikahan lebih banyak dipilih masyarakat.

Sama halnya dengan foto, membuat video shooting untuk pernikahan juga dibutuhkan keterampilan khusus agar hasil video sesuai dengan yang diharapkan. Membuat suatu video momen penting tidaklah cukup dengan hanya menekan tombol play record sehingga terciptalah video. Untuk melakukannya selain keterampilan khusus, videografer juga dituntut untuk mengetahui tips dan trik mengambil video. Berikut adalah ulasannya:

1.             Persiapan

Saat membawa kamera shooting ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan diantaranya adalah;

                      Membawa minimal 1 baterai yang terisi penuh untuk cadangan

                      Minimal membawa 2 kaset video

                      Alat untuk membersihkan lensa

                      Tripod kamera, walaupun saat pengambilan video ternyata tripod tidak digunakan

                      Charger kamera

                      Kabel dan pelindung kabel

2.             Tripod

Jika Anda belum mahir dalam memegang kamera sehingga ditakutkan hasil video akan terlihat bergoyang maka Anda harus menggunakan tripod. Dengan tripod rencana untuk mengambil gambar akan menjadi lebih mudah seperti melakukan zoom in atau zoom out.

3.             Pencahayaan

Satu lagi yang sangat penting untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal adalah pencahayaan. Jika di lapangan cahaya yang didapatkan terasa kurang maksimal, gunakanlah sistem pencahayaan yang harus Anda miliki dan jauhkan dari sistem autofocus pada kamera.

4.             Audio

Mikrofon yang tertanam dalam kamera memiliki kualitas penghasil suara paling rendah atau dasar. Untuk itu Anda harus menggunakan perangkat audio kamera tambahan agar hasil video shooting wedding yang dihasilkan memiliki kualitas audio yang baik.

5.             Atur posisi gambar

Seorang fotografer atau videografer harus mengetahui dimana posisi yang baik untuk mengambil gambar. Ambillah posisi yang berbeda-beda pada setiap gambar sehingga hasilnya menjadi lebih bervariasi.

Kamera menjadi elemen utama dan terpenting untuk membuat sebuah video shooting untuk pernikahan. Dengan kamera yang berkualitas dan alat penunjang atau pendukung kamera, akan dipastikan gambar atau video yang dihasilkan akan berkualitas, dan juga menjadi karya yang tidak menjadi tontonan semata tapi juga dapat dikenang sepanjang masa. Adanya seorang fotografer atau videografer pernikahan tentu memberikan kepuasan lebih bagi seorang pengantin. Itulah tips dan trik untuk membuat video dalam pernikahan, semoga Anda dapat mempraktikkannya dan menghasilkan video berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *